Kamis, 02 November 2017

Perkembangan Teknologi Dari Masa KeMasa




ERA KOMUNIKASI TULISAN

Menurut Everett M. Rogers. (1986), terdapat empat era komunikasi yang terjadi di muka bumi ini, yang pertama yaitu era komunikasi tulisan. Jelas sekali pendapat Rogers M Everett memperlihatkan bahwa era tulisan memang yang pertama kali. Berhubung menggunakan tulisan tentunya punya huruf-huruf tertentu namun sayangnya belum pasti huruf apa yang pertama ada di dunia ini. 

Pada saat ini era komunikasi tulisan sangat berkembang dan mempunyai peluang yang besar sebagai peran penting untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain terutama untuk pesan yang panjang dan kompleks untuk disampaikan. Komunikasi tulisan ini mempunyai banyak manfaat yaitu saat kita sudah menuliskan suatu pesan di atas kertas maka kertas yang berisi pesan itu bisa disimpan dan kita bisa melihat kembali tulisan yang ada di kertas tersebut.

ERA KOMUNIKASI CETAK

       
       Setelah era komunikasi tulisan, era komunikasi berlanjut pada ditemukannya mesin cetak yang digunakan untuk membuat banyak salinan atau untuk mencetak buku dan surat kabar. Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan mesin cetak sangatlah pesat dibandingkan dengan zaman dahulu. Kita dapat melihat dari perubahan bentuk mesin cetak pada mesin cetak itu sendiri. Pada zaman sekarang mesin cetak dapat kita temukan di banyak tempat bahkan terdapat tempat khusus untuk mencetak. Kita juga bisa mencetak suatu tulisan di rumah kita sendiri dengan ditemukannya mesin cetak berukuran kecil yang biasanya kita sebut dengan Printer .

ERA KOMUNIKASI TELEKOMUNIKASI

Teknologi komunikasi adalah peralatan-peralatan perangkat keras, struktur organisasi, dan nilai sosial dengan mana individu mengumpulkan, memproses dan terjadi pertukaran informasi dengan individu lain (Rogers, 1986). Teknologi komunikasi dan informasi sebagai suatu produk dan proses telah berkembang sedemikian rupa sehingga mempengaruhi segenap kehidupan manusia dalam berbagai bentuk aplikasi.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, maka ditemukan beberapa penemuan baru di dunia dan ini termasuk kedalam Komunikasi Telekomunikasi. Samuel Morse mentrasnmisikan pesan melalui telegraf pertama kali, Alexander Graham Bell mengirimkan pesan pertama kali melalui telepon, Guglielmo Marconi mentransmisikan pesan melalaui radio. Lee De Forest menemukan pengeras suara dari tabung tanpa udara masih banyak lagi lainnya. Komunikasi Telekomunikasi adalah proses penyampaian pesan antara satu orang kepada orang lain atau sekelompok orang melalui alat bantu misalnya telepon,


ERA KOMUNIKASI INTERAKTIF

Manusia adalah makhluk sosial dimana semua manusia selalu berkomunikasi satu dengan yang lainnya, bukan hanya dengan berbicara saja manusia berkomunikasi tetapi dengan kita berdiam diri saja kita tetap berkomunikasi yaitu melalui bahasa tubuh ataudengan ekspresi wajah kita. Pada zaman sekarang komunikasi tidak dapat dibatasi oleh waktu, tempat dan jarak yang jauh sekali pun, pada zaman sekarang dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan cangggih kita bisa berkomunikasi dengan mudah dan tidak dibatasi misalnya kita menggunakan alat bantu contohnya handphone.


TRANSFORMASI PENYAMPAIAN PESAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Merpati Pos Merupakan alat komunikasi dengan menggunakan burung merpati sebagai mengantar surat atau pesan, Merpati dipilih karena burung ini pintar, memiliki daya ingat kuat,kemampuan navigasi dan naluri alamiah untuk kembali ke sarang, metode ini berasaldari orang-orang Persia yang melatih burung-burung merpati.

Telegraf
Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. 3lat iniditemukan oleh seorang warga amerika, Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837.

Telepon
Penemuan telepon dipicu oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin berkembang dan meningkat.

Telegram
Telegram baru dipopulerkan pada tahun 1920an. telegram barisi kombinasi kode yangditransmisikan oleh telegraf.
Pager
Pager atau radia panggil merupakan alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek.

Surat Eletronik (E-mail)
Merupakan sarana mengirim surat melalui jaringan komputer, misalnya internet. Suratelektronik mulai dipakai pada tahun 1960an. Saat itu internet belum terbentuk, tetapisurat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan AmainframeB. Mulaitahun 1980an mulai bisa dipakai oleh umum.

Internet
Rangkaian yang membentuk internet (kependekan dari interconnected-networking) diawali pada tahun 1969.

Telepon Genggam
Penemuan Telepon genggam tak terlepas dari perkembangan radio.

Pesan Instan (Instant Messaging)
Merupakan sebuah teknologi internet di mana para pengguna jaringan internet dapat mengirimkan pesan-pesan singkat pada saat yang bersamaan (real time).

Mobile Chat Messenger
MessengerHampir sama seperti pesan instan, namun diaplikasikan kedalam sebuah handphone atau smartphone yang berteknologi tinggi.

- Telegraf
- Telegram
- Telepon
- Pager
- E-mail
- Internet
- Pesan Instant
- Chat Messenger 

DAFTAR PUSTAKA

https://prezi.com/-qnes68lxgh2/perkembangan-teknologi-masa-ke-masa/

http://decatatan.blogspot.co.id/2015/09/perkembangan-teknologi-hingga-masa-kini.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar